Cegah Penyakit Pasca Banjir

29 November 2017 23:27:46 WIB

Sahabat Sehat- Selain menyebabkan kerugian secara materi, bencana banjir juga sering memunculkan berbagai ancaman penyakit. Salah satu penyakit yang umum terjadi setelah banjir itu adalah penyakit kulit. Anda harus waspada!Penyakit kulit ini sering terjadi pada anak-anak, namun orang dewasa juga bisa saja terjangkit. Hal ini dikarenakan genangan air banjir itu mengandung banyak bakteri serta kuman yang bisa menyebabkan kulit gatal-gatal dan juga masalah diare.

Bagi Anda korban banjir harus mewaspadai ancaman penyakit kulit ini. Jangan sampai ada anggota keluarga Anda yang terjangkit. Berikut ada beberapa cara untuk mencegah penyakit kulit saat bencana banjir datang.

  1. Gunakan air bersih

Setelah terkena genangan air banjir, selalu cuci kaki dan tangan Anda menggunakan air bersih. Pakai sabun agar kuman penyebab gatal-gatal bisa mati. Tanamkan kebiasaan ini kepada anak-anak Anda agar tidak terkena penyakit kulit.

  1. Lindungi kulit

Usahakan kulit jangan terlalu lama terkena air banjir, terutama bagian kulit yang terdapat luka. Kulit yang luka akan lebih mudah diserang bakteri sehingga bisa menyebabkan infeksi kulit serta tubuh. Jadi, lindungi kulit yang terluka agar tidak terkena air banjir.

  1. Pakaian lengkap

Korban banjir diimbau untuk selalu berpakaian lengkap, bersepatu, dan bila mungkin menggunakan sarung tangan untuk melindungi kulit tubuh. Gunakan sepatu dengan sol keras agar tidak terluka saat menginjak benda tajam.

  1. Jangan main air banjir

Musibah banjir ini sering dimanfaatkan anak-anak untuk berenang atau bermain-main. Sebaiknya larang anak Anda bermain air banjir terlalu lama. Hal ini karena air banjir itu tidak bersih dan tidak baik untuk kesehatan anak, terutama bagi mereka yang punya kekebalan tubuh lemah.

  1. Obat antiseptik

Gunakan obat antiseptik jika ada bagian tubuh yang terasa gatal. Obat antiseptik ini sangat berguna untuk membunuh bakteri penyebab gatal. Anda juga bisa datang ke posko kesehatan banjir untuk diperiksa lebih lanjut.


Selalu jaga kondisi tubuh Anda di tengah bencana banjir. Semoga cara-cara di atas bisa bermanfaat untuk semua warga yang menjadi korban banjir.

Komentar atas Cegah Penyakit Pasca Banjir

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo