Bebas DBD: Karangmojo Kampanye "Satu Rumah Satu Petugas Jumantik"

13 Agustus 2017 15:12:04 WIB

Karangmojo (Sida Samekta)- Juru Pemantau Jentik (Jumantik) adalah anggota masyarakat yang secara sukarela memantau keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di lingkungannya. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mendorong masyarakat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin. Jumantik berperan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapaan masyarakat menghadapi demam berdarah dengue (DBD). Peningkatan kapasitas bagi para jumantik memampukan mereka untuk menyebarkan informasi yang tepat dan benar tentang penanggulangan DBD.

“Oh ternyata yang menggigit manusia itu hanya nyamuk betina ya mbak? Tak kiro ki kabeh lemut nyokot menungso(Jawa), “Saya kira semua nyamuk itu menggigit manusia,” tukas salah seorang jumantik yang menghadiri pertemuan jumantik Desa Karangmojo di Pendopo masjid Al-Iklas Padukuhan Gatak, Sabtu (12/8).

Nyamuk Aedes aegypti adalah nyamuk pintar. Nyamuk ini terbang pada ketinggian 1 meter dari permukaan tanah.  Pada ketinggian ini sulit bagi manusia untuk memukul nyamuk Aedes aegypti. Apalagi nyamuk ini dikenal tidak terlalu berisik ketika terbang. Agar pemberantasan dapat berjalan efektif kita harus mengenal karakteristik nyamuk Aedes aegypti. “Nyamuk Aedes aegypti adalah nyamuk rumahan. Selama ada sumber makanan yaitu manusia dan tempat untuk meletakkan telur, maka nyamuk itu akan tetap berada di rumah kita,”. Nyamuk Aedes aegypti meletakkan telurnya di air bersih pada wadah-wadah buatan manusia. “Selain bak mandi, tandon air, sumur terbuka, vas bunga, dan tempat minum burung, jangan lupakan tampungan air di dispenser atau kulkas,”.

Widayati (38) salah seorang petugas jumantik yang hadir “mengatakan bahwa sosialisasi ini membuka wawasan sekaligus tantangan dalam upaya menanggulangi demam berdarah. Mengingat padukuhan Gatak pada awal tahun ini (2017) terdapat warga yang mengalami serangan DBD sebanyak 3 orang, maka kegiatan sosialisasi ini kami lakukan di Gatak”, kata Widayati.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo