Merancang Perencanaan Desa Berbasis SIG

12 Juli 2017 06:08:28 WIB

Karangmojo (Sida Samekta)- Beragam Manfaat dari Sistem Informasi Desa (SID) yang selama ini telah dikembangkan desa. Manfaat tersebut setidaknya dapat dirasakan betul oleh desa-desa yang selama ini aktif dan konsisten memanfaatkan SID untuk berbagai keperluan pegembangan desa. Manfaat tersebut antara lain: memudahkan Pemerintah Desa dalam mencari, memanggil, menyimpan dan mengolah data desa; meningkatkan kualitas pengelolaan data desa yang akurat dan terbarukan secara berkala; memperluas jangkauan informasi; meningkatkan kualitas pelayanan administrasi desa; mempermudah akses informasi tentang desa; meningkatkan akuntabilitas; meningkatkan transparansi; menemukenali potensi sumber daya yang bisa dioptimalkan untuk mendukung kemandirian desa, dan memudahkan masyarakat untuk bekerjasama dengan pihak lain dalam hubungan saling tergantung dan saling menguntungkan.
Desa Karangmojo dalam kurun waktu 3 hari, tanggal 10, 11 dan 14 Juli 2017 berkesempatan untuk belajar Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam menunjang pemanfaatan fungsi SID untuk perencanaan pembangunan. Kegatan ini dilaksanakan di Kampung Tani Wonosari yang difaslitasi oleh Perkumpulan Idea dan Komunitas SinauGIS Yogyakarta.
Diharapkan setelah pelatihan desa mampu menyajikan data-data penting berbasis web yang dapat disajikan dalam bentuk peta. Sistem Informasi Geografis merupakan salah satu faktor yang cukup penting dan mampu memberikan data yang sangat signifikan untuk memecahkan berbagai persoalan yang dibutuhkan dalam pengelolaan data yang bereferensi geografi. Sehingga dengan SIG ini desa mampu melihat sebaran prioritas arah pembangunan desa untuk membuat perencanaannya.
Misalnya penyajian data tentang warga yang belum memiliki jamban, belum memiliki jaringan listrik, warga yang pekerjaan dan penghasilan warga, sarana infrastruktur desa dll. Semua itu dapt tersaji dengan visualisasi peta yang dapat menunjukkan jumlah dan sebarannya di masing-masing wilayah. Sehingga akan mempermudah desa dalam melihat, menganalisa dan membuat keputusan.

Komentar atas Merancang Perencanaan Desa Berbasis SIG

Supriyo 12 Juli 2017 11:23:45 WIB
Tehnologi SID semoga bermanfaat untuk semua warga masyarat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo