Tetap Sehat Dan Nyaman Di Musim Hujan

wibiyanto 21 Februari 2017 20:34:56 WIB

Karangmojo (TimSID)- Selain mendatangkan banyak manfaat, tidak dipungkiri musim hujan juga menimbulkan berbagai dampak buruk yang kerap terjadi. Mengingat akan dampak buruk musim hujan seperti Demam Berdarah, tak ada salahnya kita saling mengingatkan bahaya penyakit DBD yang harus selalu diwaspadai.

Jangan sepelekan demam tinggi, terutama bila demam tidak turun dalam dua hari, meskipun telah diberi obat penurun panas. Segera periksa agar diketahui dengan pasti penyebabnya. Untuk mencegah nyamuk Aedes Aegepty ini kembali menelan korban jiwa, beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai antisipasi diantaranya:

  1. 3M (Mengubur, Menutup dan Menguras) tempat penampungan air
  2. Menggunakan lotion anti nyamuk jika diperlukan
  3. Memelihara ikan tempalo yang dapat memakan jentik nyamuk
  4. Menaburkan bubuk abate di bak penampungan air
  5. Tidak membiarkan pakaian tergantung dimana-mana
  6. Jika ada yang terserang DBD di rumah/lingkungan sekitar, minta petugas Dinas kesehatan melakukan fogging.

Selain DBD, di musim hujan masyarakat pun rentan mengalami berbagai penyakit seperti: flu, diare, leptospirosis, gatal-gatal dll. Untuk itu kita wajib menjaga stamina agar tetap prima. Diantaranya dengan memperhatikan hal-hal ini:

  1. Menjaga asupan makanan dengan makan makanan yang bergizi
  2. Olahraga teratur
  3. Mengkonsumsi suplemen/vitamin untuk menambah daya tahan tubuh
  4. Istirahat yang cukup
  5. Bersihkan selalu rumah dan ventilasi agar sirkulasi udara baik serta tidak lembab
  6. Biasakan cuci tangan sebelum makan

Selain hal-hal di atas, saat hujan lebat terkadang listrik sering padam. Ada baiknya menyiapkan alat penerangan (lilin,senter, emergency lamp yang sudah dicas penuh). Letakkan di tempat yang aman dan mudah terjangkau jika dibutuhkan. Memeriksa kendaraan dan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan jika terjadi mogok di jalan juga penting. Sebaiknya tidak menerobos banjir, apalagi jika melintasi jalan yang tidak kita ketahui medannya dengan baik.

Tak lupa sediakan jas hujan atau payung di dalam kendaraan yang kita bawa. Kantong kresek, handuk kecil, alas kaki, juga dapat disertakan jika hendak ke kantor atau sekolah. Yang juga perlu mendapat perhatian di musim hujan ini yaitu pakaian. Tambahkan pewangi/pelembut pakaian yang mengandung anti bacteria. Setrika pakaian yang kurang mendapat sinar matahari/lembab. Terutama pakaian bayi dan anak-anak.

Masalah krusial yang harus mendapat perhatian ekstra lainnya yaitu banjir. Langkah pencegahan mengatasinya dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:

  1. Membersihkan sungai, kali, selokan, atau saluran air lainnya
  2. Tidak membuang sampah sembarangan
  3. Membuat lubang resapan/biopori serta ruang terbuka hijau yang memadai

Bagi penduduk yang tempat tinggalnya rawan banjir, pastikan semua surat penting dan berharga (sertifikat, ijasah, akte) juga perlengkapan elektronik telah disimpan di tempat yang lebih aman. Pentingnya mempersiapkan segala kemungkinan dampak buruk di musim hujan, tentunya akan membuat kita lebih siap dan waspada mengatasinya. Jadi, tetaplah tersenyum menyambut kehadirannya. Syukuri semua berkah yang dilimpahkan-Nya kepada kita.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo