Progress Pendataan Sistem Pendataan Desa Cinta Statistik (SiPedet-Cantik) Kalurahan Karangmojo

wibiyanto 12 September 2024 18:55:12 WIB

Karangmojo(Tim SIDA). Aplikasi Sistem Pendataan Desa Cinta Statistik (SiPedet-Cantik) adalah terobosan BPS Kabupaten Gunungkidul dalam menjembatani Pemerintah Kalurahan di bidang statistik. Aplikasi ini berguna untuk pengumpulan data yang diperlukan oleh Kalurahan terutama data yang terkait SDGs, Prodeskel, dan data dari Pemerintah Pusat lain, serta data SID. Adapun, dasar hukum pelaksanaan Sipedet-Cantik ini berdasarkan SE Bupati Gunungkidul Nomor 15 Tahun 2024 tentang pengumpulan data sosial dan ekonomi dengan menggunakan Aplikasi sistem Pendataan Desa Terpadu Cantik Statistik untuk proses perencanaan. Tujuan dari pendataan ini adalah untuk menyediakan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat kalurahan. Untuk kegiatannya meliputi pendataan sosial ekonomi, lingkupnya basisnya keluarga.

Untuk pendataan dimulai bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2024. Namun karena sampai bulan September ini masih banyak yang belum menyelesaikan, sehingga pendataan masih diperpanjang sampai dengan tanggal 17 September 2024 sesuai SE Bupati Gunungkidul nomor 13 Tahun 2024 tentang Perpanjangan waktu Pengumpulan Data Sosial dan Ekonomi dengan menggunakan Aplikasi Sistem Pendataan Desa Cinta Statistik (SiPedet-Cantik) untuk Proses Perencanaan. Data terakhir masing-masing kalurahan juga dapat dilihat dalam SE Perpanjangan tersebut.

Untuk Kalurahan Karangmojo pada saat berita ini dimuat progress sudah sampai 96%, kurang 4%. Sementara data dilihat dari Dashboard web sipedetkabupaten sudah melampaui dari 100%, karena ada data awal target yang bergeser jumlahnya, dilihat dari data lapangan.

SE Bupati Gunungkidul nomor 13 Tahun 2024 tentang Perpanjangan waktu Pengumpulan Data Sosial dan Ekonomi dengan menggunakan Aplikasi Sistem Pendataan Desa Cinta Statistik (SiPedet-Cantik) untuk Proses Perencanaan.

">

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo