Imunisasi Japenese Encephalitis (JE)/ Radang Otak

wibiyanto 04 September 2024 07:46:57 WIB

KARANGMOJO (TIM SIDA).

Imunisasi Japenese Encephalitis (JE) / Radang Otak adalah penyakit (ensefalitis) yang disebabkan oleh virus Japanese Encephalitis dan ditularkan oleh nyamuk Culex yang dapat mengakibatkan gangguan syaraf bahkan kematian. Terkait Imunisasi Japenese Encephalitis JE adalah dengan disuntik. Awal kejadian di Bali bisa menimbulkan kematian, bisa cacat permanen, dan akan menjadi imunisasi rutin (tidak bayar). Imunisasi JE diberikan pada anak usia 9 bulan – 14 tahun 11 bulan 29 hari (kelahiran 4 September 2009 – 3 Desember 2023). Pemberian suntikan 1 kali pada lengan kanan/paha kanan.

Efek samping : Imunisasi JE aman dan pada umumnya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sangat jarang terjadi Efek samping yang terjadi minimal dapat berupa nyeri, bengkak ringan dan kemerahan dilokasi suntikan. Dapat berupa demam ringan, muntah, menangis berlebihan, mengantuk, kehilangan nafsu makan dan rewel yang akan menghilang dalam 2-3 hari. Tenang biasanya akan dibawakan Paracetamol saat imunisasi JE tersebut, dengan cara langsung diminum saat anak demam.

Untuk Interval pemberian vaksin JE dengan vaksin MR, varicela, yellow fever, MMR adalah minimal 4 minggu. Sedangkan dengan vaksin lain tidak ada jarak minimal pemberian.

AYO LINDUNGI ANAK ANDA DARI RADANG OTAK!

#kimgunungkidul

#kaderkesehatan

#posyandu

#imunisasije

#pemkabgunungkidul

#kominfogunungkidul

#dinkesgunungkidul

#puskesmaskarangmojo1

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo