KIRAB GUNUNGAN 16 PADUKUHAN DALAM RANGKA HARI JADI DAN RASUL BERSAMA KALURAHAN KARANGMOJO TAHUN 2024

wibiyanto 17 Juli 2024 20:10:49 WIB

KARANGMOJO (TIM SIDA). Pada Hari Kamis Wage  tanggal 11 Juli 2024 mulai pukul 13.00 Wib sampai pukul 17.00 Wib kalurahan karangmojo, kapanewon karangmojo melaksanakan kegiatan kirab gunungan dari 16 padukuhan di kalurahan karangmojo dalam agenda Rasul Bersama Hari Jadi Kalurahan Karangmojo dengan tema “Manunggaling Cipto Lan Roso Kanggo Majune Karangmojo”

Kegiatan kirab Gunungan  dilaksanakan Balai Kalurahan Karangmojo ini di iringi  da di sambut dengan gending gending dari Kesenian Karawitan“Marsudi Rini” dari Kader Kalurahan Karangmojo. Kesenian Reog dari Padukuhan Gentungan serta bergodo pawira pratiwi dari padukuhan karangmojo 1 mengiringi jalanya kirab gunungan yang di arak pamengku wilayah padukuhan Dukuh, RW, RT dan warga masyarakat dari 16 padukuhan yang menyentral di lapangan KUA Kapanewon Karangmojo dan pada jam 13.00 Wib kegiatan ini di hadiri Bp. Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta dalam kehadiranya beliau besok bisa menjadi desa budaya membuka adanya kirab gunungan dan budaya ini, dalam sambutanya beliau mengapresiasi cukup tinggi kepada Masyarakat Karangmojo yang sudah giat dalam bidang tradisi dan budaya, mengingat bahwa kalurahan karangmojo saat ini baru masuk Kalurahan Rintisan Budaya, di harakan mulai tahun depan Karangmojo bisa masuk Kalurahan Budaya. Pada kesempatan ini  Beliau Bupati Gunungkidul juga melepaskan Kirab Gunungan dan budaya di arak menuju balai kalurahan karangmojo dan sesampainya di depan halaman UPK Makmur Kapanewon Karangmojo merupakan panggung kehormatan yang sudah di tunggu dari berbagai dinas se Kapanewon Karangmojo. Peserta kirab di wajibkan menunjukan kreatifas, kreasi, seni dan budaya di depan pangung kehormatan. Setelah sampai di balai kalurahan, diadakan upacara tradisi serah terima dari perwakilan Dukuh ( lose Riyantanto ) kepada Lurah kalurahan Karangmojo ( Agus Budiyono ) untuk di  agar diserahkan ke masyarakat Kembali. Dalam kegiatan kegiatan kirab gunungan dari 16 padukuhan ini di hadiri perwakilan dari Bupati Gunungkidul, perwakilan Dinas Kundo Kabudayan Kabupaten Gunungkidul, Panewu Kapanewon Karangmojo, Dewan Kebudayaan Kapanewon Karangmojo, dan UPT Puskesmas  Karangmojo dan tidak lupa Babinsa dan Babinkamtibmas serta seluruh warga masyarakat Kalurahan Karangmojo. Alhamdulilah pada hari ini kegiatan kirab gunungan dari 16 padukuhan yang teragenda dalam Rasul Bersama harai jadi Kalurahan Karangmojo dengan tema “Manunggaling Cipto Lan Roso Kanggo Majune Karangmojo” Alhamdulilah kegiatan ini berjalan sangat lancar dan baik serta antusias warga kalurahan karangmojo yang berbondong bonding menuju balai kalurahan untuk meramaikan kirab gunungan dari 16 padukuhan .

Dalam sambutanaya Lurah Karangmojo mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat kalurahan karangmojo serta pelaku seni budaya yang telah suka rela mengisi acara kirab gunungan dari 16 padukuhan ini. Lurah Karangmojo juga mengapresiasi panitia Rasul Bersama dan Hari Jadi Kalurahan Karangmojo yang telah melakukan kirab gunungan dari 16 padukuhan dengan menyuguhkan bermacam gunungan dan pengombyong yang berasal berbagai padukuhan ini merupakan kebanggaan kita yang sudah menampilkan kebudayaannya dengan membuat gunungan yang tradisional khas milik gunungkidul. Semoga di tahun tahun kedepan kalurahan karangmojo bisa menjadi kalurahan Budaya, sehingga kita akan lebih cepat dalam memajukan kalurahan karangmojo.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo