Optimalisasi Kampung KB dan Dapur Sehat Atasi Stunting

wibiyanto 25 Oktober 2023 12:56:54 WIB

Karangmojo(TIM SIDA).  Suatu acara yang penuh semangat dalam upaya mengatasi stunting telah berhasil digelar di Kalurahan Karangmojo pada hari Selasa, tanggal 10 Oktober 2023, yaitu lomba Menu Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting). Kader-kader KB dari masing-masing padukuhan berkompetisi dalam lomba ini, difasilitasi oleh penyuluh KB (PKB) pembina Kalurahan Karangmojo, Basyori Mahfud, S.Sos. Setelah agenda tersebut, akan diadakan pertemuan dalam rangka Optimalisasi Peran Kampung Keluarga Berkualitas bertempat di RM Bebek Goreng Pak Koes. Untuk itu, dalam kesempatan tersebut pemenang lomba Dashat Kalurahan Karangmojo hadir, diantara para pemenang lomba juara 1 sampai dengan juara ke 3.

Dalam kesempatan ini pula hadir dari perwakilan dari DPMKPPKB (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Kabupaten Gunungkidul, yakni Kepala bidang KB dan Dalduk beserta staf, yang hadir untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada peserta serta menekankan pentingnya peran Kampung KB dan pentingnya upaya mengatasi stunting dalam wilayah ini.

Para juaranya yang hadir adalah sbb:

Juara 1: Dashat Padukuhan Jaranmati 1

Juara 2: Dashat Padukuhan Gatak

Juara 3: Dashat Padukuhan Tlogowareng

"Dengan Menu Dashat ini, harapan dan komitmen dalam mengatasi stunting di wilayah Kapanewon Karangmojo umumnya, dan khususnya Kalurahan Karangmojo, semakin kuat. Semua pihak, termasuk pemerintah kalurahan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat, akan terus bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama ini. Menu Dashat bukan hanya lomba, tetapi juga peringatan akan pentingnya nutrisi yang baik dan makanan yang sehat dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak," ujar Kabid KB dan Dalduk, Muh Amirudin.

Lurah Karangmojo, Agus Budiyono, berpesan, bahwa kiranya makanan yang disajikan dalam lomba bukan hanya makanan sehat tetapi juga pesan tentang perubahan. "Dengan berfokus pada bahan-bahan lokal yang terjangkau, kita dapat memastikan bahwa makanan sehat dapat menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari semua orang. Melalui upaya bersama seperti ini, kita dapat mengatasi stunting dan menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk generasi mendatang. Saya sangat berterimakasih kepada Pak Basyori yang berinisiatif mengadakan acara yang luar biasa ini," kata Agus.

Perwakilan kader Jaranmati 1, Evi Susianti, mewakili kader-kader dan masyarakat Padukuhan Jaranmati 1, mengaku bangga dengan capaian sebagai juara 1 Lomba Menu Dashat tingkat Kalurahan Karangmojo. Disampaikan oleh Evi, bahwa menu yang ditampilkan berbahan dasar daun kelor, dikombinasikan dengan nasi dan kentang (karbohidrat) serta telor dan lele (protein), serta buah-buahan yang dipetik dari kebun sendiri. "Saya berharap menu kami ini bisa menjadi inspirasi bagi wilayah lain yang ingin berkreasi dalam menyuguhkan hidangan bagi bumil, ibu menyusui, dan balita di dalam upaya pencegahan stunting," kata Evi sembari memegang trofi kejuaraan bersama kader-kader Jaranmati 1.

Oleh: Basyori Mahfud, SSos (PKB Karangmojo)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo