GELAR EVENT BUDAYA PADUKUHAN NGROMBO 2 KALURAHAN KARANGMOJO

wibiyanto 29 Agustus 2023 10:28:36 WIB

KARANGMOJO (TIM SIDA). Pada Hari minggu tanggal 27 Agustus 2023 Padukuhan Ngrombo 2 kalurahan karangmojo kapanewon karangmojo melaksanakan kegiatan Bersih Dusun dan gelar event budaya Kesenian Reog dan Jaranan Kreasi“Roso Mulyo Budoyo” yang berada Padukuhan Ngrombo 2 kalurahan Karangmojo, Kapanewon Karangmojo.

Kegiatan Bersih Dusun dengan melakukan genduri acara adat tradisi yang sudah di laksanakan setiap tahunya dengan membuat ingkung untuk di ikrorkan di balai padukuhan dengan di hadiri seluruh warga Masyarakat Ngrombo 2 dengan berbodong bonding mengikuti dan menyaksikan prosesi kegiatan ini. Selain melaksanakan adat tradisi warga Masyarakat juga membeberkan Kesenian Reog dan Jaranan Kreasi“Roso Mulyo Budoyo”  kesenian yang dimiliki padukuhan ngrombo 2 yang akan di buat untuk penyajian Gelar Event budaya. Dalam kegiatan bersih dusun dan gelar event budaya ini di hadiri sebagian Pamong Kalurahan Karangmojo, Dewan Kebudayaan Kapanewon dan Panewu Kapanewon Karangmojo, perwakilan dari Dinas Kundo Kabudayan serta seluruh warga masyarakat Padukuhan Ngrombo 2. Alhamdulilah pada hari Minggu ini tanggal  27 Agustus 2023 pagelaran Kesenian Reog dan Jaranan Kreasi“Roso Mulyo Budoyo” yang teragenda  dalam event budaya berjalan sangat lancar dan baik. Dalam sambutanaya dari kundo kabudayan dan Panewu Kapanewon Karangmojo mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini yang telah melakukan kegiatan adat tradisi bersih dusun dan gelar event budaya dengan menampilkan Kesenian reog dan jaranan kreasi Roso Mulyo Budoyo.  Harapan dari dinas agar kegiatan adat yang sudah menjadi tradisi seyogyanya kita kembangkan agar nilai nilai budaya jawa selalu tetap exis selama lamanya, seperti halnya karawitan ini bisa melatih para muda mudi kita, sehingga ada penerus anak2 yang menjiwai adanya karawitan tersebut sehingga muncul kreasi2 baru pada kesenian karawitan.

Dalam sambutanya Lurah Karangmojo mengucapkan terimakasih pada dinas yang telah menghadiri dan mendokumentasikan karena ini merupakan bukti kuat bahwa di kalurahan karangmojo banyak adannya adat tradisi bersih dusun dan seni budaya khususnya Kesenian reog dan jaranan kreasi, dan alhamdulilah pada kesempatan ini merupakan kegiatan gelar event budaya yang terakhir karena dari 16 padukuhan, tuntas sudah melaksanakan gelar event budaya, potensi kesenian dan tradisi jawa yang perlu kita kembangkan agar bisa di kemas para pelaku seni muda dan mudi.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo