GELAR EVENT BUDAYA PADUKUHAN NGROMBO 1 KALURAHAN KARANGMOJO

wibiyanto 18 Agustus 2023 14:09:25 WIB

KARANGMOJO (TIM SIDA). Pada Hari Selasa tanggal 15 Agustus 2023 Padukuhan Ngrombo 1 kalurahan karangmojo kapanewon karangmojo melaksanakan kegiatan Bersih Dusun dan gelar event budaya Kesenian karawitan“Mudho Budoyo” yang berada Padukuhan Ngrombo 1 kalurahan Karangmojo, Kapanewon Karangmojo.

Kegiatan Bersih Dusun dengan melakukan genduri acara adat tradisi yang sudah di laksanakan setiap tahunya dengan membersihkan Sungai Kali Bubar dan membuat ingkung untuk di ikrorkan di Sungai dan balai padukuhan. Selain melaksanakan adat tradisi warga Masyarakat juga membeberkan Kesenian Jathilan Kreasi “ Suryo Mudho Manitis” kesenian yang dimiliki padukuhan ngrombo 1 diantara yang akan di buat untuk penyajian Gelar Event budaya. Bersamaan hari itu juga Padukuhan Ngrombo 1 juga melaksanakan Gelar Event Budaya yang  dilaksanakan di halaman Balai Padukuhan Ngrombo 1 ini menampilkan kesenian karawitan “Mudho Budoyo” dan dalam kegiatan bersih dusun dan gelar event budaya ini di hadiri sebagian Pamong Kalurahan Karangmojo, Dewan Kebudayaan Kapanewon dan Panewu Kapanewon Karangmojo, perwakilan dari Dinas Kundo Kabudayan serta seluruh warga masyarakat Padukuhan Ngrombo 1. Alhamdulilah pada hari Selasa ini tanggal  15 Agustus 2023 pagelaran karawitan yang teragenda  dalam event budaya dan pentas kesenian jathil berjalan sangat lancar dan baik. Dalam sambutanaya dari kundo kabudayan dan Panewu Kapanewon Karangmojo mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini yang telah melakukan kegiatan adat tradisi bersih dusun dan gelar event budaya dengan menampilkan Kesenian Karawitan “Mudho Budoyo” dan pentas Kesenian Jathilan kresai “Suryo Mudho Manitis “ dan harapan dari dinas agar kegiatan adat yang sudah menjadi tradisi seyogyanya kita kembangkan agar nilai nilai budaya jawa selalu tetap exis selama lamanya, seperti halnya karawitan ini bisa melatih para muda mudi kita, sehingga ada penerus anak2 yang menjiwai adanya karawitan tersebut sehingga muncul kreasi2 baru pada kesenian karawitan.

Dalam sambutanya Lurah Karangmojo mengucapkan terimakasih pada dinas yang telah menghadiri dan mendokumentasikan karena ini merupakan bukti kuat bahwa di kalurahan karangmojo banyak adannya adat tradisi bersih dusun dan seni budaya khususnya Kesenian Karawitan tradisi jawa yang perlu kita kembangkan. Selain itu Lurah Karangmojo juga meminta pada paguyuban karawitan Mudho Budoyo agar nanti untuk ikut mengisi acara kirab budaya kalurahan karangmojo untuk ikut meramaikan kirab budaya yang di paksanakan di Kapanewon Kaarangmojo. Diharapkan bagi padukuhan agar mempersiapkan kesenian maupun tradisi untuk ikut dalam kirab budaya, mohon agar di persiapkan lebih matang sehingga dalam kirab budaya nanti bisa lebih optimal.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo