TRADISI ADAT JAWA DALAM BULAN SYA'BAN MELAKUKAN ACARA SEDEKAHAN DAN KENDURI

wibiyanto 02 Agustus 2023 14:34:34 WIB

KARANGMOJO (SIDA).  Kegiatan Suran memulai masuk bulan Sya’ban dalam menjalankan kegiatan Suran sebagai tanda Syukur kepada tuhan yang maha Esa di berbagai Padukuhan se-Kalurahan Karangmojo.

Dalam kegiatan Suran ini dari Masyarakat petani mengeluarkan sedekahan dengan membuat ulam lembaran atau membuat nasi uduk dan  di atasnya di beri ayam yang di masak menjadi ingkung,  dan di akhiri dengan di ikrarkan serta do’a oleh tokoh adat setempat, inilah merupakan tanda rasa Syukur Masyarakat pada tuhan yang maha Esa, dalam menjalankan kebiasan ini  terus dijalankan karena tradisi jawa jangan sampai punah. Dalam acara genduri ini antusias warga berbondong bondong untuk mengikuti acara tersebut. Dalam acara genduri ini  juga di hadiri oleh Pemangku wilayah ( dukuh ). Dalam kegiatan ini masyarakat sangat antusias mengingat tahun lalu masih dalam pandemic sehingga kegiatan ini kurang begitu aktif  dan pada tahun ini semua warga menghadiri adanya genduri kegiatan genduri dalam rangka suran yang sudah dilakukan sejak nenek moyang terdahulu.

Lurah Karangmojo Agus Budiyono juga mengatakan agar kegiatan ini terus dijalankan karena acara2 seperti adanya genduri adalah acara tinggalan para leluhur kita yang seyogyanya kita gali melengkapi Langkah Langkah kita akan masuk dalam desa budaya, karena saat ini kalurahan karangmojo masuk Rintisan Kalurahan Budaya. Dengan kita menggali tradisi2 adat jawa yang ada di kalurahan karangmojo ini akan menjadi nilai tambah agar kalurahan bisa masuk dalam KalurahanBudaya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo