GELAR EVENT BUDAYA PADUKUHAN NGEPUNG KALURAHAN KARANGMOJO

wibiyanto 17 Juli 2023 08:31:49 WIB

KARANGMOJO (TIM SIDA). Pada Hari Rabu tanggal 05 Juli 2023 di Padukuhan Ngepung kalurahan karangmojo kapanewon karangmojo juga melaksanakan kegiatan gelar event budaya Kesenian Kethoprak “Ngudi Budoyo” yang berada Padukuhan Ngepung kalurahan Karangmojo, Kapanewon Karangmojo. Kesenian ini merupakan satu satunya kesenian budaya lama yang sangat di gandrungi masyarakat dan sebagai kebanggaan padukuhan Ngepung dan pada umumnya Kalurahan Karangmojo.

Kegiatan gelar event budaya yang  ini dilaksanakan di halaman rumah Ibu Murni ( Ketua RW ) sekaligus pemimpin atau ketua paguyuban kethoprak tersebut, kegiatan ini menampilkan kesenian kethoprak “Ngudi Budoyo” dengan seni tarinya yang khas dan dialog sesuai adanya sejarah budaya, pada pementasan saat ini mengambil judul “ Labuh tresno” dan dalam kegiatan pementasan gelar budaya ini di hadiri sebagian Pamong dan Lembaga Kalurahan Karangmojo, Dewan Kebudayaan Kapanewon dan Panewu Kapanewon Karangmojo, perwakilan dari Dinas Kundo Kabudayan serta di hadiri ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, tidak lupa Babinkamtibmas berserta anggota Polsek, Babinsa Bersama Komandan Koramil serta seluruh warga masyarakat Padukuhan Ngepung. Dalam menyambut para tamu undangan juga di sambut dengan mementaskan kesenian thoklek, Alhamdulilah pada hari Rabu ini tanggal  05 Juli 2023 jam 13.00 Wib dalam pementasan kesenian kethoprak ngudi budoyo teragenda  dalam gelar event budaya berjalan sangat lancar dan baik serta begitu ramai penonton. Dalam sambutanaya dari kundo kabudayan mengapresiasi adanya kegiatan ini yang telah melakukan gelar budaya dengan menampilkan dan mementaskan Kesenian kethoprak “Ngudi Budoyo” yang sangat meriah dan ramai penggemar kethoprak, semoga kesenian ini bisa di kembangkan pada anak anak muda sehingga nantinya bisa mempunyai generasi yang lebih muda muda. Dalam setiap gelar event budaya dari Kundo Kabudayan juga mendokumentasikan sebagai acuan untuk penggunaan dana keistimewaan yang nantinya dari dinas Kundho Kabudayan akan mengganti semua biaya gelar event budaya senilai kurang lebih Rp. 10.000.000,00. Kegiatan ini merupakan kebanggaan kita yang sudah menampilkan kebudayaannya dengan kesenian kethoprak yang tradisional dan di buat kreasi baru.

Dalam sambutanya Lurah Karangmojo mengucapkan terimakasih pada dinas yang telah menghadiri dan mendokumentasikan karena ini merupakan bukti kuat bahwa di kalurahan karangmojo benar benar mempunyai budaya yang luhur khususnya Kesenian kethoprak tradisi jawa yang perlu kita kembangkan karena kesenian yang paling di gemari masyarakat luas, dalam kesempatan ini Lurah Karangmojo juga mengapresiasi warga masyarakat padukuhan ngepung yang sudah antusias dan meramaikan pementasan gelar event budaya ini merupakan kebanggaan tersendiri yang luar biasa.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo