KEGIATAN RASULAN DI PADUKUHAN GENTUNGAN KALURAHAN KARANGMOJO

wibiyanto 23 Juli 2022 00:43:23 WIB

KARANGMOJO (TIM SIDA). Pada hari Minggu 17 Juli 2022, merupakan puncak acara rangkaian Rasulan Padukuhan Gentungan kalurahan Karangmojo Kapanewon Karangmojo Kabupaten Gunungkidul.

Dalam acara puncak rasulan Padukuhan Gentungan kalurahan karangmojo dimeriahkan dengan dukungan serta partisipasi dari semua RT yang berada di Padukuhan Gentungan kalurahan karangmojo dengan mengarak atau mengiring gunungan menuju pendopo balai Padukuhan Gentungan kalurahan karangmojo. Selain di iringi bebagai gunungan juga di iringi berbagai kesenian yang ada di masing masing RT sehingga jalanya puncak rasulan berjalan sangat ramai. Proses puncak acara iringan iringan gunungan dari berbagai RT  berkumpul di masing masing RT  dan pada jam 10.00 WIB  semua gunungan di iring atau diarak menuju pendopo balai padukuhan gentungan kalurahan karangmojo, sesampainya di pendopo balai padukuhan semua gunungan di serahkan kepada Dukuh Padukuhan Gentungan kalurahan karangmojo dan di adakan acara do,a bersama, setelah selesai acara do’a akhirnya gunungan direbutkan oleh semua warga yang mendapat isi gunungan konon katanya para luluhur akan menjadi berkah di kemidian hari, baik dari para petani dan semuanya. Dalam acara Rasulan di Padukuhan Gentungan ini di hadiri Lurah Kalurahan karangmojo beserta para pamongnya dari berbagai padukuhan dan juga di hadiri Panewu Kapanewon Karangmojo ( Drs. Marwatahadi M.Si ) beserta jajaranya, serta di hadiri Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul ( Heri Susanto S,Kom, M.Si ) dan Istrinya. Sebelum diadakan  perebutan gunungan juga diadakan peresmian Balai Padukuhan Gentungan kalurahan karangmojo oleh wakil Bupati Gunungkidul ( Heri Susanto S,Kom, M.Si ).

Kegiatan puncak acara ini juga di hibur berbagai kesenian tari  khususnya kesenian jathil yang berasal dari padukuhan gentungan sendiri. Sedangkan pada puncak malam harinya mulai jam 20.00-selesai di pendopo balai padukuhan gentungan kalurahan karangmojo digelar pentas wayang kulit dan dalam pementasan ini di dalangi  ki Subari.

Pada kesempatan ini Dukuh Gentungan, Endi Purwanto mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia rasulan yang sudah bekerja dengan penuh semangat dan exstra untuk mensukseskan acara rasulan padukuhan gentungan, kalurahan karangmojo, selain itu juga mengucapkan banyak terimakasih kepada ketua RW, Ketua RT dan Tokoh Masyarakat serta warga masyarakat padukuhan gentungan yang sudah berpartisipasi dalam mengisi rangkaian rasulan padukuhan gentungan kalurahan karangmojo serta meramaikan adanya rasulan ini. Selain itu juga mengucapkan banyak terimakasih kepada wakil Bupati Gunungkidul ( Heri Susanto S,Kom, M.Si ) yang sudah meresmikan adanya balai padukuhan di Gentungan ini.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo