PUNCAK ACARA KEGIATAN RASULAN KALURAHAN KARANGMOJO

wibiyanto 05 Juli 2022 11:45:36 WIB

KARANGMOJO (TIM SIDA). Pada hari Kamis 30 Juni 2022, merupakan puncak acara rangkaian Rasulan Pemerintah kalurahan Karangmojo Kapanewon Karangmojo Kabupaten Gunungkidul.

Dalam acara puncak rasulan kalurahan karangmojo dimeriahkan dengan dukungan serta partisipasi dari semua padukuhan yang berada di kalurahan karangmojo dengan mengarak atau mengiring gunungan menuju pendopo kalurahan karangmojo. Selain di iringi bebagai gunungan juga di iringi berbagai kesenian yang ada di padukuhan sehingga jalanya puncak rasulan berjalan sangat ramai dan penuh dengan kitmad. Proses puncak acara iringan iringan gunungan dari padukuhan berkumpul di lapangan karangmojo dan pada jam 14.30 semua gunungan di iring atau diarak menuju pendopo kalurahan, sesampainya di kalurahan semua gunungan di serahkan kepada lurah karangmojo dan di adakan acara do,a bersama, setelah selesai acara do’a akhirnya gunungan direbutkan oleh semua warga yang mendapat isi gunungan konon katanya para luluhur akan menjadi berkah di kemidian hari, baik dari para petani dan semuanya. Seusai perbutan gunungan pihak kalurahan karangmojo juga mengadakan upacara dengan menceritakan adanya sejarah berdirinya kalurahan karangmojo dari jaman dahulu sampai saat ini.

Di sela sela kegiatan puncak acara ini juga di hibur berbagai kesenian tari  serta karawitan dari Suno Pertiwi yang di bina oleh Ki Gestiwin Waluyo sampai jam 17.30 WIB. Sedangkan pada puncak malam harinya mulai jam 20.00-selesai di pendopo kalurahan karangmojo digelar pentas wayang kulit dan dalam pementasan ini di dalangi 3 dalang cilik dengan alur yang tidak ganti sehingga pakem pementasan wayang kulit tetap sesuai judulnya.

Pada kesempatan ini Lurah Karangmojo, Agus Budiyono mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia rasulan yang sudah bekerja dengan penuh semangat dan exstra untuk mensukseskan acara rasulan kalurahan karangmojo, selain itu juga mengucapkan banyak terimakasih pada para dukuh dan warga masyarakat kalurahan karangmojo yang sudah berpartisipasi dalam mengisi rangkaian rasulan karangmojo serta meramaikan adanya rasulan kalurahan karangmojo ini. Dengan kita memulai rasulan pada posisi kalurahan menjadi rintisan budaya kalurahan diharapkan nantinya kalurahan karangmojo pada bulan september bisa masuk menjadi Kalurahan Budaya, sehingga dengan masuk desa budaya nantinya perkembangan dalam segala aspek bisa lebih mudah dan tercapai. Dengan di adakan rasulan kalurahan ini harapan kami kita semua  agar punya greget yang tinggi untuk mengembalikan nilai nilai budaya jawa yang sudah hampir terkikis. Dan nantinya bisa berkembang di kalangan masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo