KARAWITAN NGESTI LARAS DALAM RANGKA MERAMAIKAN RASULAN KALURAHAN KARANGMOJO

wibiyanto 27 Juni 2022 13:54:09 WIB

KARANGMOJO (TIM SIDA). Pada hari Minggu Malam Tanggal 26 Juni 2022, di kalurahan mengadakan  acara rangkaian Rasulan Pemerintah kalurahan Karangmojo Kapanewon Karangmojo Kabupaten Gunungkidul.

Dalam acara hari ini merupakan pementasan karawitan “Ngesti Laras” dari Padukuhan Tlogowareng, Kalurahan Karangmojo. Karawitan dari padukuhan tlogowareng ini, di pimpin oleh Bp. Supoyo, dalam pementasan ini para parogo penabuh gamelan semua bersragam menggunakan pakaian jawa gaya ngayogjokarto sehingga kelihatan hidupnya khas wilayah daerah istimewa yogyakarta. Dengan niat keihklasan para parogo karawitan untuk ikut dalam merayakan rasulan kalurahan karangmojo ini, walaupun keluar biaya banyak untuk persewaan pakaian namun meraka sangat bangga karena sudah mendapatkan kesempatan untuk mementaskan karawitanya. Harapan dari pimpinan karawitan ini, semoga kedepannya seni budaya bisa mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah kalurahan karangmojo. Selain itu semoga para anak2 dan remaja bisa belajar mengenai karawitan sehingga nanti ada penerus penerus yang lebih handal karena parogo parogo saat ini sudah banyak yang lanjut usia.

Pada kesempatan ini Lurah Karangmojo, Agus Budiyono mengucapkan terimakasih pada pimpinan karawitan ngesti laras para parogo  yang sudah ikut berpartisipasi dalam mengisi rangkaian rasulan dengan mementaskan karawitan di kalurahan karangmojo, harapan kami agar para peserta agar punya greget yang tinggi untuk mendidik anak2 yang selama ini sulit untuk mengikuti kegiatan jawa khususnya karawitan dengan adanya permajaan ini akan mengembalikan nilai nilai budaya jawa yang sudah hampir punah.

 

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo