LOMBA DALAM RANGKA RANGKAIAN RASULAN KALURAHAN KARANGMOJO

wibiyanto 27 Juni 2022 11:45:03 WIB

KARANGMOJO (TIM SIDA). Pada hari Minggu 26 Juni 2022, merupakan acara rangkaian Rasulan Pemerintah kalurahan Karangmojo Kapanewon Karangmojo Kabupaten Gunungkidul.

Dalam acara hari ini merupakan lomba mocopat, Geguritan, Cerkak dan Menulis aksara jawa. Pada acara ini pemerintah kalurahan karangmojo menghadirkan para tim penilai yang handal, agar dalam penilaian bisa benar benar bisa mencari kebakatan anak2. Untuk peserta lomba di batasi umur 10 – 14 tahun, dengan tujuan anak2 bisa mengimbangi dengan adanya perkembangan tegnologi semakin canggih dan dalam bahasa jawa yang begitu halus( kromo inggil) agar peserta kegiatan bisa memahami kata2 jawa yang kemungkinan sangat asing di dengarkan. Dengan demikian para peserta agar punya greget yang tinggi untuk mengembalikan nilai nilai budaya jawa yang sudah hampir terkikis.

Di sela sela kegiatan juga di isi karawitan dari Suno Pertiwi yang di bina oleh Ki Gestiwin Waluyo, yang saat ini selalu mengedepankan adat tradisi jawa agar anak didiknya bisa mengikuti tabiet tradisi jawa.

Pada kesempatan ini Lurah Karangmojo, Agus Budiyono mengucapkan terimakasih pada para dukuh yang sudah ikut berpartisipasi dalam mengisi rangkaian rasulan dengan mengirimkan warganya untuk mengikuti lomba di kalurahan harapan kami agar para peserta agar punya greget yang tinggi untuk mengembalikan nilai nilai budaya jawa yang sudah hampir terkikis. Dan nantinya bisa berkembang di kalangan masyarakat.

 

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo