RESTORASI SOSIAL PENGUAT NILAI KESETIAKAWANAN BERBASIS BUDAYA JAWA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL

wibiyanto 19 Juni 2022 01:08:11 WIB

KARANGMOJO (TIM SIDA). Pada hari Jum’at 17 Juni 2022, Pemerintah kalurahan Karangmojo mendapatkan sosialisasi dari Dinas sosial Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengenai Restorasi sosial berbasis budaya jawa mewujudkan kesejahteraan sosial dengan tujuan menguatkan nilai nilai kesetiakawanan. Dalam kegiatan ini dari dinas sosial daerah istimewa yogyakarta mewakilkan Ir. Jumadi dan menghadirkan Ir. Yuhono Sri Suwito selaku penyampaian materi terkait budaya jawa.

Kegiatan ini dihadiri  oleh Panewu Karangmojo, Drs. Marwatahadi, M.Si, kapolsek kapanewon karangmojo, perwakilan koramil karangmojo. Dalam kegiatan ini menghadirkan seluruh pamong kalurahan karangmojo dan Babinsa, Babinkamtibmas dan  Lembaga Kalurahan Karangmojo. Dalam kesempatan ini Ir. Yuhono menyampaikan bahwa di yogyakarta mempunyai 3 pridikat utama yaitu 1. Kota Budaya, 2. Kota Pendidikan, 3. Kota Pariwisata. Akan tetapi nilai norma budaya jawa saat ini sudah terkikis dengan kemajuan tegnologi, untuk itu dari dinas melakukan kegiatan ini agar nilai budaya jawa, unggah ungguh jawa bisa didapatkan lagi di wilayah daerah istimewa yogyakarta, khususnya di gunungkidul. Pada kesempatan ini juga digunakan menceritakan sejarah keraton yogyakarta dengan harapan agar filosofi dan nilai budaya jawa bisa muncul kembali walaupun perkembangan tegnologi semakin canggih. Dalam penyampainya juga memberikan arti2 dalam bahsa jawa yang begitu halus( kromo inggil) agar peserta kegiatan bisa memahami kata2 jawa yang kemungkinan sangat asing di dengarkan. Dengan demikian para peserta agar punya greget yang tinggi untuk mengembalikan nilai nilai budaya jawa yang sudah hampir terkikis.

Panewu Kapanewon Karangmojo, Drs. Marwatahadi, M.Si mengatakan dengan adanya kegiatan restorasi sosial ini diharapkan pamong kalurahan bisa menjadi garda terdepan sebagai teladan dikalangan masyarakat untuk mewujudkan nilai nilai budaya jawa, sehingga pamonglah yang akan menjadi surituladan di masyarakat.

Pada kesempatan ini Lurah Karangmojo, Agus Budiyono mengucapkan terimakasih pada pemerintah kapanewon karangmojo yang sudah memberikan peluang program sosialisasi Restorasi sosial berbasis budaya jawa yang sangat baik terkait nilai-nilai budaya yang bersumber dari dinas sosial daerah istimewa yogyakarta. semoga dengan adanya kegiatan Restorasi Sosial ini dapat meningkatkan jiwa budaya dan nilai budaya pamong kalurahan karangmojo dan masyarakat kalurahan karangmojo.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo